Home > Informasi Kesehatan > Kanker Payudara, Serang Pria dan Wanita.

Kanker Payudara, Serang Pria dan Wanita.

Kanker Payudara ganas atau Karsinoma Payudara
Meski secara umum kanker payudara lebih banyak diderita oleh wanita namun ternyata kanker payudara bisa menyerang kaum pria. Menurut catatan klinik herbal Ning Harmanto, mencatat beberapa kasus kanker payudara yang diderita oleh para pria. Baik remaja maupun pria dewasa. Sebab musababnya apa masih belum jelas hasil penelitiannya. Yang pasti siapapun yang divonis menderita kanker payudara akan merasa shock, sedih dan stress. Solusi medis harus dengan pisau bedah atau operasi, namun kenyataannya operasi yang dilakukakan cara yang sangat canggihpun belum tentu langsung menyelesaikan masalah kanker. Proses penyembuhan pasca operasi juga memerlukan kesabaran dan daya juang untuksembuh yang tinggi.
Bagi wanita kanker payudara menempati tempat nomor dua karsinoma serviks uterus. Kurve insidens bergerak naik terus sejak usia 30 tahun. Angka tertinggi terdapat pada usia 45-66 tahun. Secara keseluruhan, risiko pada perempuan seumur hidupnya untuk berkembang kanker payudara adalah 1 berbanding 8 (SEER, 2001).

Penyebab kanker payudara:
Penyebab kanker payudara belum dapat ditentukan, namun terdapat beberapa factor risiko yang telah ditetapkan. Faktor penyebab yang terutama adalah keturuna/genetic. Selain itu juga faktor tidak menikah, tidak pernah hamil/melahirkan, abortus spontan sebelum kelahiran pertama, menarke (menstruasi pertama) di usia dini, menopause terlambat setelah 50 tahun, obesitas, terkenan radiasi. Apabila sanak famili perempuan tingkat pertama (keluarga maternal atau paternal) menderita kanker payudara maka : 2-3 kali lebih besar keluarganya terkena kanker payudara. Bila ibu dan saudara perempuan atau 2 saudara perempuan terkena kanker payudara: 6 kali lebih besar terkena kanker payudara. Adanya kanker yang lain yaitu dengan kanker ovarium, risiko 3-4 kali lebih besar, dengan kanker endometrium,risiko 2 kali lebih besar, dengan kanker kolorektal, risiko 2 kali lebih besar.
Kanker payudara kebanyakan menyerang kelompok usia 40-70 tahun. Sebab-sebab keganasan masih belum jelas. Faktor resiko terjadinya kanker payudara antara lain adalah serangan virus, faktor lingkungan, faktor hormonal, dan faktor genetik. Keganasan (kanker) dapat dibedakan menjadi :

1.Penyakit Paget :
Adalah keganasn sepanjang ductus (saluran) pada puting yang berasal dari kanker intraductural bagian dalam yang bergerak menuju ke atas. Sel-sel paget menginvasi epidermis puting, menimbulkan krusta, dan tampak seperti eksim. Kanker yang terlatak di bagian dlam mungkin tidak teraba.

2. Karsinoma inflamasi :
Adalah tumor yang tumbuh dengan cepat. Gejala-gejalanya mirip dengan infeksi payudara akut. Kulit menjadi merah, panas, edematosa dan nyeri. Karsinoma ini menginvasi kulit dan jaringan limfe. Karsinoma payudara bermetastasis dengan peyebaran langsung ke jaringan sekitarnya, dan juga melalui saluran limfe dan aliran darah.
Pasien biasanya datang dengan keluhan benjolan di payudara. Benjolan ganas yang kecil sukar dibedakan dengan benjolan tumor jinak, tetapi kadang dapat diraba benjolan ganas yang melekat pada jaringan di sekitarnya. Bila tumor telah besar, perlekatan lebih jelas. Konsistensi kelainan ganas biasanya keras. Selain itu dapat juga terasa sakit, keluar cairan berupa darah dari puting susu, timbulnya kelainan kulit di daerah payudara seperti kulit jeruk, adanya eksim, retraksi puting (puting masuk ke dalam), pembesaran kelenjar getah bening atau tanda-tanda penyebaran kanker yang jauh.

Solusi medis/umum
– Operasi
– Kemoterapi
– Radioterapi

Deteksi dan diagnosis kanker payudara :
a. Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) : untuk melihat adanya keadaan tidak normal pada payudara sendiri.
b. Riwayat medis : Mencari tahu tentang riwayat penyakit sebelumnya, yang mungkin berhubungan dengan kondisi medis saat ini.
c. Pemeriksaan fisik : Dapat berupa pemeriksaan visual (penglihatan), dapat pula berupa palpasi (perabaan)
d. Mamografi : mamografi dapat mendeteksi massa yang terlalu kecil untuk dapat diraba, dan dapat memberikan dugaan ada tidaknya sifat keganasan dari massa yang teraba.
e. Biopsi : merupakan pemeriksaan histopatologik (jaringan) yang dapat berupa eksisional (seluruh massa diangkat) atau insisional (sebagian massa dibuang). Analisa mikroskopik dari spesimen menyatakan ada atau tidaknya keganasan.

Gejala-gejala dari kanker payudara dapat berupa :
· Adanya benjolan di payudara
· Cairan yang keluar dari puting susu, atau bisa berupa cairan berdarah
· Adanya pelekatan atau lekukan pada kulit
· Rasa tidak enak atau tegang
· Pembengkakan, eritema atau nyeri

Kanker membutuhkan waktu 7 tahun untuk bertumbuh dari sebuah sel tunggal sampai menjadi cukup besar untuk bisa teraba (kira-kira berdiameter 1 cm).

Kanker payudara dapat dibedakan menjadi beberapa stadium klinis sebagai berikut :

· Stadium I : diameter kurang dari 2 cm
· Stadium II : diameter 2-5 cm, atau tumor yang lebih kecil, dan secara klinis melibatkan kelenjar limfe aksila yang kecil dan dapat digerakkan.
· Stadium III A : tumor dengan diameter 5 cm dengan pembesaran kelenjar limfe aksila, melekat satu dengan yang lain atau pada jaringan yang berdekatan.
· Stadium III B : melibatkan kulit, terjadi edema, ulserasi, nodula satelit, melekat pada dinding dada, metastasis kelenjar limfe supraklavikular atau intraklavikular, edema lengan ipsilateral, kanker mengalami inflamasi.
· Stadium IV : sudah terjadi metastasis yang jauh
Solusi medis/umum:
Secara medis untuk memastikan apakah keluhan di payudara itu jenisnya hanya berupa bisul yang meradang, tumor atau kanker bisa di periksa melalui usg, mammografi, atau dibiopsi. Setelah ada kepastian pasien tinggal menentukan untuk minum obat yang berfungsi antibiotik, tindakan operasi atau kemotherapi.
Solusi herbal:
Mengatasi radang, tumor atau kanker bisa memanfaatkan herbal Mahkota dewa, temu mangga, umbi daun dewa, sambioto, tapak liman, temu lawak, temu putih, pegagan, benalu teh/mangga, tapak dara dan lainnya. Selain mengkonsumsi herbal dari pengalaman saya menangani kasus kanker sangat penting untuk mengikuti pantangan yang ditetapkan seperti makanan yang berlemak, makanan yang dibakar atau digoreng berulang-ulang (baca buku Mahkota dewa Panglima Penakluk kanker dan Menu aman dan sehat untuk penderita kanker karya Ning Harmanto).
Info artikel ini diambil dari buku Ibu sehat dan cantik dengan herbal karya Ning Harmanto, dicetak oleh penerbit Elex Media Komputindo.

About these ads
Categories: Informasi Kesehatan
  1. dhiez
    February 10, 2008 at 7:14 am

    Selamat siang..
    bagaimana cara mengetahui adanya kanker atau tumor otak dan payudara sejak dini?
    Bagaimana cara memeriksa sendiri untuk mengetahui adanya kanker atau tumor tersebut khususnya pada payudara?
    Sekian dan terima kasih sebelumnya…

  2. February 10, 2008 at 9:41 am

    Salam sehat sdr Dhiez…

    Cara mengetahui adanya tumor atau kanker otak dan payudara sejak dini
    sebagian sudah diterangkan di artikel saya diatas ya,misalnya dengan istilah SADARI (perikSa payuDara sendiRi), saat mandi dan bersabun dikamar mandi dilakukan perabaan apakah ada benjolan yang mencurigakan atau mungkin dari puting payudara mengeluarkan cairan bukan karena menyusui. Untuk gejala awal kanker/tumor otak biasanya bisa diwaspadai bila sering sakit kepala tanpa sebab lalu pandangan mata kabur dsb. Untuk lebih jelasnya baca juga resume seminar Online di blog Tda-Health ataubaca buku karya saya “Mahkotadewa Panglima penakluk kanker”. Dapatkan bukunya di toko buku Gramedia atau di klinik herbal saya yang terdekat(lihat alamatnya di http://www.ningharmanto.com). Salam sehat sukses bahagia. Terimakasih.

    Aning Harmanto.

  3. March 5, 2008 at 12:02 pm

    malam buu .

    saya mempunya payudara yang besar sebelah bu . apakah ini normal ?

    Jawaban:
    Ya itu normal saja kecuali teraba ada benjolan liar yang mencurigakan.

  4. zana
    March 9, 2008 at 5:46 pm

    dhiez
    selamat pagi,,
    bagaimana untuk mengobati gejala kanker payudara pada wanita berumur 20 tahunan?
    trima kasih..

    Tanggapan:

    Bisa menggunakan Kapsul Madeca,diminum sehari sekali. Kapsul ini sudah dilakukan penelitian uji farmako dinamik untuk kanker payudara..Selain itu bisa konsumsi teh celup Mashiwadengan Wedang Weding . Hal lain yang perlu dilakukan menghindari makanan pemicu seperti tertulis dibuku karangan saya Menu aman dan sehat untuk penderita kanker. Anda bisa berkonsultasi lebih rinci di klinik Online saya http://www.ningharmanto.com.Terima kasih

  5. fyaa
    May 6, 2008 at 10:31 am

    sOre bu’?
    saya ce berumur 17 thn,,an mempunya benjolan d’payudara kiri saya
    bila dipegang terasa sakit..
    kira2 sdah 5 hri..dan makin hari mkin membesar.
    apakah ini berbahaya??ato hanya bisul biasa

  6. May 18, 2008 at 12:22 am

    Terima kasih kunjungan anda.Untuk memastikan penyakit itu berbahaya atau nggak harus di periksa ke dokter. Silahkan berkonsultasi ke klinik on line http://www.ningharmanto.com. Terima kasih

  7. yasani
    June 5, 2008 at 1:52 pm

    saya ibu yg masi memberikan asi pada anak saya 13 bln..saat ini payudara kanan sy sakit bengkak n agak panas kadang terasa ada benjolan n kadang tidak teraba..gejala apa ini dan kemana saya harus periksa

  8. June 7, 2008 at 12:19 am

    ningharmanto:
    Salam sehat dan bahagia. Hallo ibu Yasani,bila anda sedang menyusui lalu kadang kala terasa bengkak dan panas pada saat beberapa lama tidak menyusui ada kemungkinan karena ASInya terlalu penuh dan tidak segera bisa diberikan untuk bayi anda,jadi sebenarnya itu hal yang wajar saja. Namun bila pembengkakan itu terjadi terus menerus dan terasa sakit sebaiknya diperiksakan kedokter umum lalu biasanya setelah diperiksa akan dipertimbangkan langkah pengobatan selanjutnya . Salam dan doa sehat sukses bahagia.

  9. nie
    July 25, 2008 at 10:46 am

    saya uni
    saya anak akbid
    saya sudah belajar tentang ca mammae tapi saya masih bingung dengan kanker itu sendiri apa.
    dan saya ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi psikologinya untuk mengahdapi pasien yang mengalami ca mammae ini baik pada wanit dan pria.
    apalagi kalau pria yang telah terkena penyakit ini biasanya selalu mengurung diri saja dikamar dan selalu berteriak tidak menerimanya.

  10. July 29, 2008 at 12:06 am

    Dear Uni (violet)

    Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya http://www.ningharmanto.wordpress.com
    Kalau ditanya kanker itu apa, secara medis kanker adalah sel jaringan liar yang terus membelah diri. Semula satu jadi dua, dua jadi empat, empat jadi 16 dan seterusnya cepat sekali penyebarannya. Kalau tumor adalah satu sel jaringan yang terus mebesar dan membesar secara bertahap.

    Biasanya siapapun yang terkena kanker/tumor kondisi psikisnya akan down makatak heran kalau sikapnya sering menyendiri atau mungkin malah malrah2.
    Untuk membantu mengatasinya tentu harus ada pendekatan secara psikis yang lebih baik.Solusi lain adalah Doa,pasien diajak utk lebih mendekatkan diri pada Tuhan dengan DOA. Akan lebih bagus lagi kalau pasien dilatih hypnosis in praying…atau therapitidur dalam DOA. Baca artikel selengkapnya di http://www.aningharmanto.com

    Salamdan doasehat sukses bahagia.

    Aning Harmanto.
    08159002060

    Visit our website:
    http://www.ningharmanto.com
    http://www.mahkotadewa.com

  11. adanari
    October 17, 2008 at 10:08 am

    selamat sore…
    perkenalkan saya adanari, mahasiswi keperawatan unsoed, saya sedang melakukan penelitian tentang menarche, saya ingin bertanya mengenai usia reproduksi yang relatif panjang (umur menarche dini dan menopause lambat) meruapakan faktor resiko Ca mamae,bagaimana mekanismenya?apakah karena faktor usia reproduksi yang lama atau ada peranan hormone?terimakasih atas bantuanya….

  12. October 20, 2008 at 6:19 am

    Dear mbak Adanari

    Salam kenal

    Maaf karena pertanyaan mbak Adanari menyangkut dengan bahan penelitian yang sedang dilakukan, sebaiknya mbak Adanari mencari/membaca buku fisiologi kedokteran, karena proses penelitian harus dilengkapi dengan sumber kepustakaan.

    Namun dari pengobatan herbal kami juga mempunyai buku karya Ning Harmanto yang berjudul Mahkotadewa Panglima Penakluk Kanker yang bisa mbak Adanari peroleh di toko buku Gramedia atau klinik kami yang terdekat. Klinik kami juga menyediakan pengobatan untuk kanker yaitu dengan Paket Kanker yang berupa kapsul terdiri dari herbal Mahkotadewa ekstrak,MadeCa Ekstrak dan beberapa ramuan herbal pendamping seperti Umbi Dewa,temu putih dll, serta di tambah dengan teh Mashiwa/ wedang-weding sebagai suplemen.Ramuan akan disesuaikan dengan keluhan penderita misalnya ada gangguan maag atau tidak, tekanan darah dll.

    Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat bagi mbak adanari.

    Konsultasi Ningharmanto
    Kunjungi http://www.ningharmanto.com
    http://www.mahkotadewa.com
    http://www.mahkotadewa.co.id

  13. galih
    December 24, 2008 at 9:31 am

    selamat sore…
    saya wanita yang berusia 22 tahun dan baru menikah. saya ingin tanya lebih lanjut mengenai cairan yang keluar dr payudara namun tidak sedang menyusui. maaf, terkadang sewaktu suami saya “menyusui”, dia mengeluh suka merasakan ada sedikit cairan yg keluar dr payudara saya.dia bilang rasanya kurang nyaman. apa itu salah satu gejala kanker payudara? atau hanya sekedar bagian dr orgasme?

    terima aksih atas informasinya.

  14. January 5, 2009 at 10:04 am

    Hallo Ibu Galih untuk mengetahui secara pasti apakah ada gejala kanker atau tidak sebaiknya ibu Galih konsultasikan ke dokter, namun kami mempunyai solusi untuk mengatasi keluhan ibu Galih yaitu ramuan herbal seperti Mahkotadewa ekstrak,Madeca Ekstrak dan beberapa ramuan herbal pendamping lainnya. Bila ibu berminat menggunakan ramuan herbal kami , silahkan datang ke klinik kami untuk konsultasi lebih lanjut atau telp ke 021-4302769 atau 0888-1891-957. Bisa juga email dan chating YM konsultan.ningharmanto@yahoo.com
    Salam sesuba sehat sukses bahagia.

  15. February 11, 2009 at 1:13 am

    ass ibu .. ibu saya ingin bertanya payudara saya kadang kadang mengeluarkan cairan semacam lemak baunya agak kurang enak tapi udah 4 tahun belakangan ini saya rutin check up usg ataupun mammo hasilnya tidak masalah . Saya mempunyai anak 3 org semua saya susui sampai berumur lebih dari 2 tahun tapi hanya sebelah kiri yang saya mau tanyakan apakah cairan yang keluar itu susu yang tidak keluar(susu basi) berbahayakah bu? Sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  16. February 13, 2009 at 8:38 am

    Dear Ibu Sylvi
    Salam Kenal

    Halo ibu sylvi, payudara yang mengeluarkan cairan semacam lemak,padahal tidak sedang menyusui perlu dilakukan pemeriksaan medis/konsultasi ke dokter.

    Namun kami mempunyai solusi herbal yang berupa kapsul madeca dan beberapa ramuan herbal pendamping lainnya.
    Untuk mendapatkan ramuan herbal ny.Ning Harmanto silahkan hubungi klinik kami telp 021-4302769/0888-189-1957, atau kunjungi klinik kami di jl.Cemara Angin AA:37 nyiur melambai II rawabadak utara,plumpang Jakarta utara.

    Kami melayani konsultasi melalui email/chating: konsultan.ningharmanto@yahoo.com, ramuan dapat kami kirim melalui TIKI.

    Salam sehat sukses bahagia

  17. February 26, 2009 at 8:46 am

    apakah kanker panyudara itu ada yang disebabkan oleh makanan yang tidak sehat . . . klo ada makanan jenis apa yang tidak boleh dimakan diusia 16-20 tahun ???

  18. February 26, 2009 at 8:47 am

    kasih jwaban sya di email ini

    echairudezu@ymail.com

  19. March 24, 2009 at 10:32 am

    Saya langsung bertanya saja, mohon jawabannya.
    Pada usia berapakah kita bisa dikatakan selamat dari serangan kanker? atau apakah kanker masih bisa menyerang kita pada usia lebih dari 30 tahun? Terima kasih

  20. ami
    May 25, 2009 at 8:36 am

    Salam..
    Ibu, saya seorang olahragawati bidang beladiri. saya ada keluhan pada payudara sebelah kiri sering kena benturan/ tendang oleh patner saya.stelah kena benturan, pada puting payudara keluar cairan darah. hal ini sudah terjadi 2 kali. apakah ini sudah termasuk kanker/ tumor payudara? kasus yg saya alami ini sudah mak stadium berapa? apakah ini bisa diobati dengan obat-obatan tradisional? terimakasih atas bantuan Ibu.

    • May 30, 2009 at 6:09 pm

      Dear ibu Ami, Mempelajari kasus anda menurut kami tanda2 keluar darah dari puting payudara memang merupakan gejala awal kanker yang disebabkan oleh benturan atau pukulan. Kami punya ramuan herbal paket kanker dengan dibarengi pantang makanan yang pedas, berlemak, makanan yang dibakar, alkohol dan buah2an tertentu yang mengandung alkohol. Silahkan datang ke klinik kami yang terdekat alamatnya ada di http://www.ningharmanto.com atau hub telp.021 4302769, 021 43922332 atau 08161991957.Salam sehat sukses mulia.

  21. cesy maela
    December 27, 2009 at 4:39 am

    Assalam..
    Saya mau tanya, apakah kanker payudara dapat menyerang kaum pria?
    teman pria saya terdapat benjolan keras di sekitar payudara, apabila di pegang terasa sakit, terasa nyeri setiap malam.
    Apakah itu kanker payudara?

    • December 28, 2009 at 3:20 am

      Dear Cesy Maela ,
      Kanker payudara tidak hanya menyerang wanita. Para pria pun bisa terkena, diklinik kami pernah menangani kasus kanker payudara pada pria. Bila melihat kondisi fisik ada berupa benjolan keras, terasa sakit dan nyeri itu sudah gejala ada kelainan di payudara. Kami menganjurkan untuk mengecek kedokter atau rumah sakit, baik laboratorium maupun USG/Mammografi untuk mncari kepastian apakah itu tumor atau kanker.

      Salam sehat sukses bahagia

  22. ikke
    January 11, 2010 at 10:32 am

    bu saya ingin bertanya…ibu saya berumur 51 th…beberapa tahun terakhir ibu saya mengalami benjolan diputing sebelah kanan apakah itu kanker bagaimana saya mengkonsultasikan ke dokter mn? ibu saya punya riwayat tumor jinak atau keloid disetiap bagian tubuhnya yang terkena luka atau bahkan bekas cacar di tangannya…sewaktu kecil tumbuh dan berkembang padahal sudah dioperasi namun semakin membesar…saya takut saat ini ibu saya atau saya terkena kanker payudara karena riwayat kesehatan ibu saya…saya sendiri di dada atas sebelah kiri agak benjol karena kecelakan yang menyebbkan sesak napas…terima kasih atas sarannya…

    • January 14, 2010 at 7:21 am

      Dear Ikke,
      Kami menganjurkan untuk mengecek kedokter atau rumah sakit, baik laboratorium maupun USG/Mammografi untuk mncari kepastian apakah itu tumor atau kanker. Perlu diketahui operasi belum menyelesaikan masalah secara tuntas karena tidak mencabut sampai ke akar-akar nya. Oleh karena itu bila berkenan kami sarankan mengkonsumsi paket kanker/tumor. Harga paket nya sekitar Rp 700.000,- yang terdiri dari kapsul made ekstrak,kapsul Madeca,kapsul umbi daun dewa dan beberapa herbal pendamping lainnya, ditambah teh celup yang harus diminum serta obat luarnya menggunakan garam herbal dan minyak/krim untuk obat luar. Perlu diketahui bahwa ramuan yang diberikan akan disesuaikan dengan keluhan supaya benar-benar tepat seperti : Nama, umur, alamat, tekanan darah, ada sakit maag atau tidak.
      Keterangan lebih lanjut hubungi kami via Telp. 021 – 4302762,
      021 – 43912313 atau HP: 0816 1991957.
      via e-mail : konsultan@ningharmanto.com,
      YM : konsultan.ningharmanto@yahoo.com

      Salam sehat sukses bahagia

  23. Neyz Pinky
    January 15, 2010 at 12:04 pm

    Selamat malam ibu ning,saya neyz umur 23th..saya mempunyai keluhan,payudara sebelah kanan saya sering sekalI merasa sakit dan ngilu..apakah itu salah satu tanda gejala terkena knker payudara..?
    mohon bantuan advicenya.Terima kasih.
    best regards
    neyz pinky

    • January 19, 2010 at 2:46 am

      Dear Neyz Pinky,
      Gejala-gajala dari kanker payudara dapat berupa benjolan ganas yang kecil sukar dibedakan dengan benjolan tumor jinak, tetapi kadang dapat diraba benjolan ganas yang melekat pada jaringan dieskitar nya. Selain itu dapat juga terasa sakit, keluar cairan berupa darah dari puting susu, timbulnya kelainan kulit dipayudara seperti kulit jeruk, ada nya eksim, retraksi puting (puting masuk kedalam). Kami menganjurkan untuk melakukan deteksi dan diagnosis kanker payudara antara lain : Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), Pemeriksaan fisik dapat berupa penglihatan / perabaan atau bisa diperiksa melalui Mammografi dan Biopsi.
      Keterangan lebih lanjut hubungi kami via Telp. 021 – 4302762,
      021 – 43912313 atau HP: 0816 1991957.
      via e-mail : konsultan@ningharmanto.com,
      YM : konsultan.ningharmanto@yahoo.com

      Salam sehat sukses bahagia

  24. santi
    January 27, 2010 at 2:38 am

    selamat pagi bu, umur saya 19 th, saya baru menikah desember kemarin, baru-baru ini puting susu saya mengeluarkan cairan bening rasanya pun asin, apa ini tanda-tanda kanker payudara????? mohon penjelasannya……,terima kasih.

    • January 28, 2010 at 3:45 am

      Dear Santi,
      Gejala-gajala dari kanker payudara dapat berupa benjolan ganas yang kecil sukar dibedakan dengan benjolan tumor jinak, tetapi kadang dapat diraba benjolan ganas yang melekat pada jaringan disekitar nya. Selain itu dapat juga terasa sakit, keluar cairan berupa darah dari puting susu dan ada juga cairan nya keluar bisa berwarna bening atau putih seperti susu, timbulnya kelainan kulit dipayudara seperti kulit jeruk, ada nya eksim, retraksi puting (puting masuk kedalam). Kami menganjurkan untuk melakukan deteksi dan diagnosis kanker payudara antara lain : Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), Pemeriksaan fisik dapat berupa penglihatan / perabaan atau bisa diperiksa melalui Mammografi dan Biopsi.
      Keterangan lebih lanjut hubungi kami via Telp. 021 – 4302762,
      021 – 43912313 atau HP: 0816 1991957.
      via e-mail : konsultan@ningharmanto.com,
      YM : konsultan.ningharmanto@yahoo.com

      Salam sehat sukses bahagia

  25. marliana
    March 2, 2010 at 6:18 am

    dear ning harmanto,,,

    sy wnta umur 20th n sy baru menikah 3 bln, 1 bln sblum mnikah sy da kgnjilan di payudara bgian knan sy, trdapat bnjolan sbsar kelereng,, tdk melekat tp jk di pegang brpindah2 sperti org jwa blg (uci2) sampai saat ini tdk membesar. apkah ni trmasuk kanker payudara??? kadang sdikit nyeri..apa yg hruz sy lakukan & bgamn cara mngobatiny???
    sy takut ning,,, mohon jawbannya

    • March 4, 2010 at 8:21 am

      Dear Marliana,
      Gejala-gajala dari kanker payudara dapat berupa benjolan ganas yang kecil sukar dibedakan dengan benjolan tumor jinak, tetapi kadang dapat diraba benjolan ganas yang melekat pada jaringan disekitar nya. Selain itu dapat juga terasa sakit, keluar cairan berupa darah dari puting susu dan ada juga cairan nya keluar bisa berwarna bening atau putih seperti susu, timbulnya kelainan kulit dipayudara seperti kulit jeruk, ada nya eksim, retraksi puting (puting masuk kedalam). Kami menganjurkan untuk melakukan deteksi dan diagnosis kanker payudara antara lain : Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), Pemeriksaan fisik dapat berupa penglihatan / perabaan atau bisa diperiksa melalui Mammografi dan Biopsi.
      Keterangan lebih lanjut hubungi kami via Telp. 021 – 4302762,
      021 – 43912313 atau HP: 0816 1991957.
      via e-mail : konsultan@ningharmanto.com,
      YM : konsultan.ningharmanto@yahoo.com

      Salam sehat sukses bahagia

  26. habibah
    March 12, 2010 at 6:22 am

    selamat siang,

    arini saya bangun dari tidur dan berasa sakit di payudara..
    tengahari saya memicit dan keluar cairan putih.
    saya belum menikah dan sedang mengalami period.
    adakah itu normal?

    • March 15, 2010 at 7:04 am

      Dear Habibah,
      Bila terasa sakit, keluar cairan berupa darah dari puting susu dan ada juga cairan nya keluar bisa berwarna bening atau putih seperti susu, timbulnya kelainan kulit dipayudara seperti kulit jeruk, ada nya eksim, retraksi puting (puting masuk kedalam) biasanya terjadi peradangan dan itu tidak normal. Kami menganjurkan untuk melakukan deteksi dan diagnosis kanker payudara antara lain : Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), Pemeriksaan fisik dapat berupa penglihatan / perabaan atau bisa diperiksa melalui Mammografi dan Biopsi.
      Keterangan lebih lanjut hubungi kami via Telp. 021 – 4302762,
      021 – 43912313 atau HP: 0816 1991957.
      via e-mail : konsultan@ningharmanto.com,
      YM : konsultan.ningharmanto@yahoo.com

      Salam sehat sukses bahagia

  27. NIA
    April 17, 2010 at 7:08 am

    bu apakah payudara normal sama sekali tidK ADA benjolan atau bintik2 kecil….. ???

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers

%d bloggers like this: