Home > Aneka Berita > Birpletok, minuman khas Betawi….alami dan halal

Birpletok, minuman khas Betawi….alami dan halal

Birpletok…minuman alami khas Betawi, bukan minuman keras .Mendengar kata Bir…kadangkala image/bayangan  masyarakat ke minuman keras.Jadi kadangkala bagi yang belum mengenal takut minum bila bertamu disuguhi birpletok.  Birpletok adalah minuman alami yang terbuat dari jahe merah, kapulaga, pandan, dan aneka rempah lainnya. Rasanya pedas, hangat dan melegakan tenggorokan. Sangat bermanfaat untuk mengatasi asma,batuk pilek, masuk angin,pegal-pegal dan kelelahan. Kontra indikasi:penderita darah tinggi dan gangguan maag kronis.

Asosiasi Kelompok Tani Olahan (AKTO) dibantu Dinas Pertanian dan Kehutanan DKI  Jakarta  akan  bersama-sama  memasyarakatkan  minuman khas  Betawi dan  mempromosikannya ke berbagai negara. Langkah awal yang dilakukan AKTO adalah menyamakan dan menyatukan resep birpletok agar rasa, warna dan aroma serta kualitasnya tetap terjaga. Untuk lebih memasyarakatkan  Birpletok akan diselenggarakan gebyar bazar petani di sebuah Mall di DKI Jakartabulan Juli yad.

Direncanakan dalam acara gelar jamu Nasional di Istana Bogor 27 Mei yad., minuman Birpletok akan dijadikan souvenir untuk 500 tamu undangan. Tak kenal maka tak sayang, maka PT.Mahkotadewa Indonesia yang sudah berpengalaman menggeluti usaha jamu ditunjuk AKTO untuk menjadi  Distributor  tunggal. Selain Birpletok akan  diluncurkan juga produk bersama minuman alami temulawak. Salamsehat sukses bahagia.

Aning Harmanto

About these ads
Categories: Aneka Berita
  1. infogue
    May 22, 2008 at 11:30 am | #1

    Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://kuliner.infogue.com/birpletok_minuman_khas_betawi_alami_dan_halal

  2. May 29, 2008 at 1:00 pm | #2

    ass.w.w. salam kenal . . . . . . . . . . mbak ning bisa kasih tahu resep cara bikin bir pletok? tk atas kesediaannya . . . . . . . dan kalo mau beli untuk dijual lagi bisa menghubungi siapa ?

  3. June 2, 2008 at 7:41 am | #3

    Bicara mengenai Birpletok yang sangat jauh dari minuman keras, saya ingat dengan minuman dari kampung saya namanya “ESBIR”.
    Minuman ini dijamin 100% halalan toiban karena dibuat dari kelapa muda
    dan diberi perasan jeruk nipis. jeruknya agak banyak jadi berkesan lebih keras dan sangat terasa segarnya.
    OK, demikian dari saya.
    Regards

    Dani-baliozia.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: