Home > Aneka Berita > Bisnis bebek, “bau” tapi menguntungkan.

Bisnis bebek, “bau” tapi menguntungkan.

Dear All,

Sabtu pagi kemarin cuaca agak mendung dan pagi dini hari sebelumnya hujan turun cukup deras. Suami saya berkomentar :”Ya ma…cuaca hujan begini gimana acaranya nanti?” Dengan tetap bersemangat saya menyahut:” Tenang aja pa, sekarang boleh hujan tapi nanti terang kok,lihat saja…..dalam hati saya berdoa agar cuaca terang saat kita mau berangkat hingga berlangsungnya acara. Syukur pada Tuhan doa saya dikabulkan meski kadang tetap ada sesekali hujan rintik.

Sejak jam 07.30 pagi saya bersiap menunggu berkumpulnya temen2 di Jl.Cemara Angin AA37…yang merupakan lokasi klinik herbal pusat Ning Harmantodiwilayah Jakarta Utara. Saya bersama 10 temen milis f&f serta 37 temen milis TDA (Tangandiatas) bersama-sama melakukan konvoi menuju lokasi sawah pak Haji Zarkasi (peternak bebek) di daerah Rorotan, Cilincing,Jakarta Utara, mengikuti wisata entrepreneur agribisnis (WEA). Saya semobil dengan si cantik Ima dan sepasang calon suami isteri waduh namanya lupa….maaf. Begitu memasuki wilayah Rorotan yang masih banyak hamparan sawah semua berkomentar sama:

“Oh…saya baru tahu kalau di Jakarta ada sawah, ada kerbau, kambing,bebek, yang dibiarkan liar. Asyik ya seperti pulang ke desa.”

Begitu sampai di lokasi acara di tengah lapangan dengan mendirikan tenda memanjang ukuran 5 x10 m ternyata sudah ada beberapa teman yang menunggu. Saling bertegur sapa dan berkenalan karena selama ini hanya mengenal lewat tulisan saja. Dari f&f ada sicantik Ima,mbak Yuli dan suami, mbak Tania Mira dan suami dari Bandung yang menginap dirumah saya, ada Hany,Ottie dan mamanya,ada adiknya Lily Tobing (Betsy) bersama calonnya. Dibawah naungan tenda memanjang semua peserta WEA dengan sabar menunggu mendengarkan sharing para petani.

Saat itu hadir juga petani2 yang tergabung di komunitas KTNA (kontak Tani Nelayan Andalan DKI,Jakarta). Ada kurang lebih 30 petani hadir diacara tersebut dengan usaha agrobisnis sayuran organik, tanaman hias, ikan hias,ikan konsumsi,ternak sapi perah, dan petani olahan pasca panen. Ditambah lagi 100an warga sekitar yang mengikuti pengobatan gratis dengan herbal dan tak terhitung banyaknya anak-anak serta remaja dilokasi itu. Yang menarik perhatian anak2 adalah mobilnya Ima yang berwarna merah menyala. Mereka mendekati mobil lalu mengelus-elus sambil mengatakan :”Bagus ya mobilnya, coba kita punya mobil begini.” Karena mobil Ima ada alarmnya otomatis mobil langsung berbunyi nyaring…..nguing nguing nguing wow anak-anak terkejut dan kabur semua sambil berkomentar:

“Eh ada orangnya di dalam mobil,dia marah lho…..”alamak”.

Acara yang semula direncanakan mulai jam 9.00 terpaksa mundur sedikit maklum beberapa peserta terlambat hadir karena nyasar…. hikhikhik maafkeun saya ya.

Tepat jam 9.30 acara dimulai dibuka dengan sharing nelayan yang sekaligus menjabat ketua KTNA DKI, disambung dengan perkenalan para petani yang berusaha di berbagai bidang agrobisnis. Acara pokoknya adalah sharing bisnis bebek oleh pak Haji Zarkasi yang memulai bisnis bebek dari 200 ekor sekarang jadi 4000 ekor. Yang menarik adalah hasil telur bebek dan bebek afkiran pak haji ini jadi idola para pedagang restoran karena telurnya rasa udang berwarna merah dan daging bebek yang afkiran sangat gurih karena makanan bebeknya dicampur kepala udang. Setiap hari jam 07.00 pagi semua telurnya langsung habis bis tak bersisa lagi diborong pembeli. Pak haji setiap hari mendatangkan rata-rata 3 ton kepala udang untuk diberikan kepada ribuan bebeknya danjuga bebek para tetangga dekatnya.

“Wek…wek …wek ayo bisnis bebek, wear swear swear swear untung terus.”

Dengan jelas dan gamblang pak haji memberikan sharing bisnisnya berikut rahasia2 dibalik kesuksesan bisnisnya. Agar istri dan anak-anaknya merasa memiliki bisnis bebeknya yang berjumlah 4000 ekor, pak haji membagikan kepemilikannya kepada isteri dan anak-anaknya masing-masing 1000 ekor. Selain itu dia juga membina 50 KK yang mengikuti jejaknya berbisnis bebek, agar telur-telur yang dihasilkannya bercita rasa udang sehingga tak pernah kesulitan pasar karena kualitas produknya terus terjaga. Bahkan seringkali orang harus “indent” terlebih dulu kalau mau beli telur rasa udang. Bagi peternak bebek yang lokasi kandangnya didaerah dan sulit mendapatkan kepala udang bisa digantikan dengan hama padi keong emas atau sisa-sisa kepala ikan.

Saran pak Haji kalau mau berbisnis bebek diwilayah masing-masing hendaknya memulainya dengan uji coba 100 bebek dulu lalu kalau hasilnya bagus bisa dikembangkan sedikit demi sedikit , agar bisa belajar sambil berusaha atau “learning by doing “. Selain itu juga disarankan agar produksi telur bebeknya bagus, sebaiknya para bebek sering-sering diajak bicara dan dibujuk-bujuk agar bertelur banyak dan sesekali juga malah diancam kalau nggak mau bertelur lagi mau dipotong saja…dan katanya sih berhasil…..he he he ada ada saja aya aya wae…..

Selain sharing bisnis bebek dari pak haji ada demo membuat telur bebek asin rendah kholestrol dan berbau wangi rempah dengan cara menambahkan daun salam, daun sereh, dan bawang putih saat membuat adonan pembungkus telur bebek. Setelah 12 hari telur tersebut sudah jadi telur asin yang merah telurnya masir. Selanjutnya bersihkan telur dari pembungkusnya dan siap direbus. Saat merebus telur tambahkan bumbu-bumbu dapur yang berkhasiat menurunkan kadar kholestrol dan menghilangkan bau amis antara lain: bawang merah, bawang putih, daun jambu biji, daun salam dan sereh. Untuk mengawetkannya setelah direbus bisa dioven dengan api kecil selama 20 menit hingga telur tersebut kering dan masir serta lebih awet dan tahan lama simpannya.

Acara diakhiri dengan berkunjung ke lokasi kandang bebek. Semula peserta ikut semua namun begitu sudah sampai kandang nggak tahan bau bebeknya terlebih semalam habis turun hujan hingga aromanya memang sangat khas. Meski begitu banyak peserta yang antusias untuk mengikuti jejak pak Haji. Meski berbisnis bebek itu aromanya kurang sedap tapi dibalik itu peluang bisnisnya menggiurkan. Sebagai gambaran bagi yang mau bisnis bebek tak perlu mengawalinya dari menetaskan telur tapi tinggal beli saja bebek yang sudah siap telur umur 5/6 bulan harganya Rp.40.000,- per ekor dia akan bertelur setiap hari hingga umur 18 bulan lalu jual saja bebek yang kurang produktif untuk dijadikan bebek potong harganya masih tinggi yakni Rp.32.000,- . Jadi sebenarnya kalau sudah bertelur selama 40 hari sudah balik modal dan kalau bebeknya mau dijualsudah untung Rp.32.000,-per ekor. Kalau 10, 20 atau mungkin 100 ekor atau 1000 ekor……tinggal hitung sendiri dipotong gaji pembantu/karyawan….kata pak haji …… swear swear swear sudah pasti untung deh. Sebagian besar peserta merasa puas dan acara semacam ini sangat bermanfaat dan memberi motivasi. Sampai jumpa lagi.

Aning Harmanto

About these ads
Categories: Aneka Berita
  1. Chan Jayadi
    June 16, 2008 at 7:02 am

    Luar biasaaaaa………….
    Sayang saya terlambat buka emailnya sehingga saya ketinggalan ikutan wisata entrprenuernya :((
    Saya cukup terkesan dan kagum dengan apa ygn diceritakan dan sangat tertarik untuk melihat langsung sekaligus nanti insya’allah ikut belajar dan mengimplementasikannnya…
    Apakah kalau kita datang langsung main2 ke tempatnya pak haji boleh nggak? boleh tau alamatnya ??
    atau kalau lain waktu ada acara turun ke desa lagi…mohon dengan sangat saya di kasih tau ya… (chanjayadi@yahoo.com / 0811895869)
    Terimakasih & wassalam

  2. Ima
    June 24, 2008 at 6:15 am

    Bu Ning….
    Whaduuuhh..senengnya baca berita tour kita yang di tengah sawah itu…bangganya rek’! hehehe…

    Kapan-kapan arrange lagi ya bu, bikin Tour2 seperti itu…yang ke tengah sawah, sambil belajar dari para petani2 yang hebat2 kayak Pak Zarkasih..jadi orang Jakarta yang biasa sumpek sama kemacetan..sama Mal..sama yang wangi2..disuguhkan pemandangan Jakarta dari sudut yang berbeda, keren juga lho!

    Senangnya juga bisa ketemu temen2 milis lain selain milis Femina yang saya ikuti..seperti TDA. Oya bu..Kelas Hypnotherapy’nya…jangan lupa di publish pengumumannya yah…saya mau ikutan lagi :-)

    Salam Sukses Selalu!

    -ima-

  3. dewi
    November 12, 2008 at 2:39 am

    Bu Ning, boleh tahu ngga nomor telpon Pak Haji Zarkasih ?? saya dari TPI pengin ngliput telur bebek unik rasa udang….sekaligus mengungkap sisi kesuksesan Pak Haji Zarkasih..
    Terima Kasih

  4. December 22, 2008 at 5:11 am

    Bu Aning, rencananya suami saya dan adik ipar saya mau menjalankan bisnis bebek … boleh ga saya minta alamat dan nomor telp Pak Haji Zarkasih?. Saya pengin sekali belajar bagaimana cara menjalankan bisnis bebek petelur.
    Terima kasih.

  5. purnomo
    December 30, 2008 at 7:27 am

    ibu…. mau ikutan gabung caranya gimana….. trims

  6. Bambang
    February 23, 2009 at 6:11 am

    Pak/Ibu,

    kunjungan ke ternak bebek pak Haji menarik sekali…kira2 kalau ada kunjungan lagi saya boleh ikut nggak ya….kalau boleh bisa di infokan ke email saya wesgewes@yahoo.com
    terima kasih banyak ya, sukses sealalu

  7. greggorius
    February 23, 2009 at 8:12 am

    aduh asyiknya main sambil bisnis… bebek lagi bisnisnya,kesukaan sya tuch bu… kalo ada acara lagi ajak2 dong bu…saya petani juga tapi petani beras organik… lagi coba2 beras itam nich… bantuin pemasarannya ya…

  8. fariz ammar
    April 17, 2009 at 6:26 pm

    the best…

  9. May 22, 2009 at 8:09 pm

    bisnis bebek….????ikutan dong….

    • May 30, 2009 at 5:36 pm

      Terima kasih atas kunjungan anda ke blog kami. Untuk bisnis bebek hub. bapak haji Zarkasi telp.021 70330628. salama sehat sukses mulia.

  10. Arie sasongko
    May 25, 2009 at 1:43 am

    wah, saya salut dan bangga dengan bisnis bebek. saat ini saya udah mempunyai 4000 bebek jenis campble, hanya masalahnya untuk pemasaran telur asin masih kurang maksimal. untuk temen2 tolong dong bantu pemasarannya….call me 085852398914

  11. kent
    May 26, 2009 at 9:36 am

    pa saya nyoba bisnis di bebek tp saya bingung masarinnya
    ada yg punya link ga..
    produksi saya baru nyampe 1000 ekor
    infonya kirim ke kent_jossieafternoontea@yahoo.com

    • kent
      January 10, 2010 at 3:35 am

      saya minta info,harga perekor berapa?
      trus minimum ordernya berapa ekor?
      saya di surabaya jika saya beli,apa bisa di kirim?

      • January 15, 2010 at 7:29 am

        Dear Kent,
        Untuk informasi mengenai ternak bebek, silahkan langsung menghubungi pak haji Zarkasidi no telp.021 70330628. Terima Kasih

        Salam sehat sukses bahagia

    • rijal
      November 19, 2010 at 1:02 pm

      boleh pak saya bantu berapa harga penawarannya hub, 018219450068/021-94471602

      • nina
        June 2, 2011 at 2:12 pm

        e.mail dong kalou ada harga yang bagus
        dan kemana jual nya makasih

  12. slamet hartono
    May 28, 2009 at 11:59 am

    bu ning klo boleh saya mau minta alamat dan telp pak haji Zarkasi
    dong…. thanks

    • May 30, 2009 at 6:04 pm

      Dear pak Slamet Hartono. Terima kasih atas kunjungan anda ke blog kami. Untuk bisnis bebek hub. bapak haji Zarkasi telp.021 70330628. salama sehat sukses mulia.

  13. August 20, 2009 at 6:01 am

    Bisnis bebek memang menggiurkan. Hanya bermodal 1,6 juta saja, anda mendapat 1 paket ternak bebek pedaging. Dalam 3 bulan akan menguntungkan kira2 12-15%. Jika anda berminat, bisa hubungi Ardi di 08156800919.

  14. September 15, 2009 at 10:46 pm

    Saya tertarik dgn bisnis bebek petelur, mungkin Bu Ning ada rekan dijogja yg beternek bebek, saya ingin belajar dulu sebelum terjun dibisnis ini.
    Terima kasih

    • September 17, 2009 at 9:14 am

      Salam sehat dan sejahtera

      Bapak Zainudin, Untuk informasi mengenai beternak bebek, silahkan bapak langsung menghubungi pak haji Zarkasidi no telp.021 70330628.

      Terima Kasih

  15. Karyanto
    September 18, 2009 at 2:22 am

    Salam suksess esssesss…esssesss….untuk para pebisnis…yang selalu ngelitik kuping dan otak saya…karena inspirasi2nya yang ruar.ruar biasa..mak nyoss..

    Bu Ning YTH;

    Saya sangat tertarik dengan bisnis bebek….
    tapi sayang saya jarang buku blog Bu Ning..karena yang sering blog-nya P.Hadi…

    Boleh dong Bu’ ntar kalo ada event beginian lagi aku di info-in ya…

    Thanks banget…

    Salam,

    Karyanto
    HP:08128040921
    E-mail ; yant.anto@gmail.com

  16. Panji Bin PWT
    October 22, 2009 at 6:12 pm

    Subhannalloh, Alhamdulillah, Allohuakbar,

    Semoga Anda semua berhasil dalam berusaha dan selalu di berkahi Alloh,
    good luck, good profit and succsess, every body lucky and every body Happy

    Yang dalam agribisnis kita musti banyak belajar dan sabar :
    - pelajari dulu lingkungan dan cara produksinya
    - dan yang paling penting adalah pemasaranya dan jangan lupa berdo’a kalleee Yaaa
    - jangan kayak Gw, anne, urang, nyong, saya main hajar aja mentang2 seneng sama agribisnis main hajar aja tanpa belajar dulu ahirnyaa Aduuuh emmaaa, aduh nyaaaa
    aduh mamiiii aduhh Biyuung

    Yang pasti belajarlah tekunlah harus berani mencoba dan yang paling penting jangan lupa berdo’a…..hhehehehe

    Dan Jangan lupa bagi yang yang sudah berhasil dan perlu gudang yang mudah unutuk movement (pindah2) baik gudang kering ataupun cool storage pergunakanlah containers second hand harga murah dan terjangkau, untuk cari containers second hand pasti saya akan bantu anda,,, pls call my mobile + 6281319409099 or +622196293365 MTC purwanto

  17. edi
    November 23, 2009 at 12:49 am

    ass
    Pak haji boleh nga saya minta alamat nya/no tlp jg blh makasih

    • November 30, 2009 at 2:58 am

      Salam sehat dan sejahtera

      Bapak Edi, Untuk informasi mengenai beternak bebek, silahkan bapak langsung menghubungi pak haji Zarkasidi no telp.021 70330628.

      Terima Kasih

  18. Benny
    December 5, 2009 at 8:01 am

    saya menyediakan bebek potong umur 2,5 bulan dengan bobot 1,4 – 1,5 Kg kapasitas 1000 ekor/hari. barangkali ada yang minat bisa hubungi saya Hp.085295908008. Batas jangkauan kirim hanya sebatas Jawa Barat.

    Terima Kasih

  19. ipung purwanta
    December 9, 2009 at 11:11 am

    Bu ning, nanti kalau ada acara kunjungan k peternakan bebek mohon untuk info ke ipung_purwanta@yahoo.com ato 0813 15789840

  20. Eencang
    January 18, 2010 at 4:48 am

    Bu ning, nanti kalau ada acara kunjungan k peternakan bebek di jogja mohon
    untuk hubungi iencang@yahoo.co.id atau 081804241105

  21. Encang
    January 18, 2010 at 4:52 am

    Bu , nanti kalau ada acara kunjungan k peternakan bebek di jogja mohon untuk info ke iencang@yahoo.co.id atau 081804241105

  22. Encang
    January 18, 2010 at 4:56 am

    Bu , nanti kalau ada acara kunjungan k peternakan bebek di jogja mohon untuk info ke iencang@yahoo.co.id

    • January 19, 2010 at 6:34 am

      Dear Encang,
      Untuk informasi mengenai ternak bebek, silahkan langsung menghubungi pak haji Zarkasidi no telp.021 70330628. Terima Kasih

      Salam sehat sukses bahagia

  23. T Chyo P
    February 24, 2010 at 2:24 pm

    ass wr wb pak, kalau kita mulai ternak, bagaimana mendapatkan bibitnya,harganya berapa ya?, dan makanannya,seperti dedak, dimana kita bisa mendapatkan yang paling murah ya?,terus menjualnya kemana, apa sudah ada yang menampung telurnya,atau dagingnya???, tolong penjelasannya ya, terima kasih…….tolong dijawab ke email saya ya teguhchyo29@yahoo.com wassalam.

    • March 10, 2010 at 7:50 am

      Dear T Chyo P,
      Terima kasih atas kunjungan anda ke blog kami. Untuk informasi mengenai ternak bebek, silahkan langsung menghubungi pak haji Zarkasidi no telp.021 70330628. Sedangkan untuk pertanyaan seputar telur bebek atau bisa langsung menghubungi ibu Ambar di no telp rumah 021 4416127 atau hp 0852.86137173.

      Salam sehat sukses bahagia

  24. johan
    May 4, 2010 at 12:04 pm

    kebetulan keluarga saya lagi bingung pada masalah harga pemasaran TELUR bebek. . .
    kalau boleh tau, beritau tips-tips agar sukses di pada pemasaran bebek. . .
    Thanks, Semoga Sukses Selalu. .

    • subakoh
      October 28, 2010 at 9:53 am

      selamat sore pak? volume per hari berapa utk telur bebeknya pak,
      dari Subakoh 0818723117

  25. Yudi
    September 28, 2010 at 1:36 pm

    Dear yudi,
    Terima kasih atas info ternak Bebek, Mohon untuk cara ternak Bebek pedaging yang efisien dan cepat panen bebek bobot 1,4 nyampe berapa hari,dan dimana harus beli telor bebek tetas? Terima Kasih Yu2d_ginandong@Yahoo.co.id

    Salam Sehat dan Sukses slalu

  26. ari
    October 18, 2010 at 1:22 am

    Dear all..
    setelah membaca ulasan dari bu Ning..saya sangat tertarik untuk berkunjung ke tempat Pak Haji Zarkasih,,kebetulan rumah saya di daerah jakarta timur, jadi gak terlalu jauh.Kemarin Pagi langsung meluncur…Pak Haji Welcome sekali..Mau bertanya seputar Bebek sama Pak Haji..pasti di jawab.eeh..Pulangnya kami dikasih oleh – oleh telur Bebek….hehehee…baik sekali pak Haji ini..Smoga semakin sukses dan berkembang usahanya.TKs.

  27. March 29, 2011 at 7:37 am

    aq pengen tuuuuuuuuu

  28. March 29, 2011 at 7:39 am

    gmn caranya

  29. Juan
    September 15, 2011 at 2:56 pm

    Cari bebek afkir 1.3 up hdup 200-300ekor bs continu krm tangerang hub 081314316862

  30. zaenal
    September 21, 2011 at 3:21 pm

    bagi rekan peternak:

    Kami dari bebek jaya jogjakarta membuka kemitraan peternakan bebek hibrida
    Dg ketentuan
    1. DoD Dari kami pembayaran 75% di awal 25% saat panen
    … 2. panen kita ambil dg harga 17rb/kg
    3:di utamakan peternak di daerah jogja,solo,magelang,semarang,sragen dan sekitarnya

    Bagi teman peternak yang berminat
    Bisa menghubungi bagian manager di nomor
    085227108881

    • November 27, 2012 at 7:30 am

      bung/om,minimal kemitraannya brp ekor ?soale tempak aku gak begitu luas

    • November 27, 2012 at 7:33 am

      <blockquote cite="#com
      zaenal :
      bagi rekan peternak:
      Kami dari bebek jaya jogjakarta membuka kemitraan peternakan bebek hibrida
      Dg ketentuan
      1. DoD Dari kami pembayaran 75% di awal 25% saat panen
      … 2. panen kita ambil dg harga 17rb/kg
      3:di utamakan peternak di daerah jogja,solo,magelang,semarang,sragen dan sekitarnya
      Bagi teman peternak yang berminat
      Bisa menghubungi bagian manager di nomor
      085227108881

      paling dikit piro om ternak e ?soale tempat aku sempit

  31. dian
    August 28, 2012 at 3:06 am

    saya capek bgt kerja saya ingin bisnis saja……saya ingin punya usaha bebek…menurut anda gimana ya biar usaha saya lancar……

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 34 other followers

%d bloggers like this: