Home > Informasi Kesehatan > Kurang kalium sakit ginjal, kurang kalsium keropos tulang, OSTEA solusinya

Kurang kalium sakit ginjal, kurang kalsium keropos tulang, OSTEA solusinya

Definisi Hipokalemia adalah suatu keadaan dimana konsentrasi kalium ( K ) dalam darah kurang dari 3,8 mEq / L darah Kalium merupakan mineral zat mikro yang penting dalam tubuh manusia. Ia membantu dalam kontraksi otot dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam sel tubuh. Kalium juga penting dalam penghantaran impuls saraf serta pembebasan tenaga yang berasal dari protein, lemak, dan karbohidrat pada proses metabolisme.

Kalsium atau disebut juga zat kapur adalah zat mineral yang mempunyai fungsi dalam membentuk tulang dan gigi serta memiliki peran dalam vitalitas otot pada tubuh.. Ginjal yang normal dapat menahan kalium dengan baik. Jika konsentrasi kalium darah terlalu rendah, biasanya disebabkan oleh ginjal yang tidak berfungsi secara normal atau terlalu banyak kalium yang hilang melalui saluran pencernaan (karena diare, muntah, penggunaan obat pencahar dalam waktu yang lama atau polip usus besar).

Hipokalemia jarang disebabkan oleh asupan yang kurang karena kalium banyak ditemukan dalam makanan sehari-hari. Kalium bisa hilang lewat air kemih karena beberapa alasan. Yang paling sering adalah akibat penggunaan obat diuretik tertentu yang menyebabkan ginjal membuang natrium, air dan kalium dalam jumlah yang berlebihan. Hipokalemia ringan biasanya tidak menyebabkan gejala sama sekali.

Hipokalemia yang lebih berat (kurang dari 3 mEq/L darah) bisa menyebabkan kelemahan otot, kejang otot dan bahkan kelumpuhan. Irama jantung menjadi tidak normal, terutama pada penderita penyakit jantung. Kalium biasanya dapat dengan mudah digantikan dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalium seperti pisang ambon, alpukat , melon, kentang,tomat, jeruk, kacang-kacangan, bayam dan sayuran berdaun hijau. Herbal yang mengandung kalium adalah Angelica, pegagan, seledri, sambiloto, dan teh hijau.

Kalsium ( Ca ) Kalsium atau disebut juga zat kapur adalah zat mineral yang mempunyai fungsi dalam membentuk tulang dan gigi serta memiliki peran dalam vitalitas otot pada tubuh.. Gejala awal kekurangan kalsium adalah lesu, banyak keringat, gelisah, sesak napas, berkurang daya tahan tubuh, kurang nafsu makan, sembelit, berak-berak, insomnia, dan kram.

Sebagian besar kalsium tubuh disimpan dalam tulang, namun kalsium juga ditemukan didalam sel dan darah Sumber kalsium terbagi dua, yaitu hewani dan nabati. Bahan makanan hewani yang mengandung kalsium antara lain adalah Ikan, Udang,susu, kuning telur, dan daging sapi. Sayangnya, jika dikonsumsi berlebihan bahan hewani ini, terutama daging sapi, bisa menghambat penyerapan kalsium, karena kadar proteinnya tinggi.

Kandungan proteinnya yang tinggi akan meningkatkan keasaman (pH) darah. Guna menjaga agar keasaman darah tetap normal, tubuh terpaksa menarik deposit kalsium (yang bersifat basa) dari tulang, sehingga kepadatan tulang berkurang. Karena itu, sekalipun kaya kalsium, makanan hewani harus dikonsumsi secukupnya saja. Jika berlebihan, justru dapat menggerogoti tabungan kalsium dan mempermudah terjadinya keropos tulang. Bahan makanan yang mengandung kalsium nabati bisa diperoleh dari sayuran daun hijau seperti sawi, bayam, brokoli,daun pepaya,daun singkong, daun labu. Selain itu biji-bijian(kenari, wijen, almond) dan kacang-kacangan serta hasil olahannya (kedelai, kacang merah, kacang polo, tempe, tahu). Herbal yang mengandung kalsium adalah : Angelica, pegagan, Licorice, dan seledri,

Hamidah. Apoteker PT.MDI.

About these ads
Categories: Informasi Kesehatan
  1. September 28, 2009 at 8:21 am

    istri saya mengidap hipokalemia sejak 1 thn yang lalu, kalium nya selalu drop tiap bulan biarpun selalu makan pisang, dia pernah sampai koma 1minggu karena kaliumnya drop sampai 1.3. Apa sebaiknya yang dikonsumsi untuk menetralisir fungsi ginjalnya soalnya sekarang dia selalu mengkonsumsi KSR 3xsehari.

    • September 30, 2009 at 12:23 am

      Dear pak Tahan Mangunsong,
      Dari data literatur kami ada beberapa herbal yang bisa membantu mengatasi hipokalemia sekaligus menetralisir fungsi ginjal al: daun tempuyung, daun pegagan, daun anjelica, akar alang2 dll Aneka info bisa dibaca di artikel “Kurang kalium msalah di ginjal….dst” Aneka herbal tersebut tersedia di klinik herbal kami dalam bentuk kapsul atau racikan. Bila anda berminat menggunakannya bisa hubungi klinik kami di di Jl.Cemara angin blok AA no 37 komplek nyiur melambai II, Rawabadak utara – Koja, Jakarta utara atau di no telepon 021-4302769 atau sms 08161991957. Terima kasih
      Email dan YM: konsultan.ningharmanto@yahoo.com

      Salam dan Doa
      Ning Harmanto

  2. y2n
    November 23, 2009 at 3:13 am

    kalau ginjal kurang bagus tidak boleh kebanyakan kalium ya?thnx

  3. March 26, 2010 at 5:32 am

    sejak saya mengandung 22minggu,saya kerap sakit gigi…dan saya tidak pernah gie klinik untuk buat check..ape bahaya bagi kandungan saya

  4. hana
    May 6, 2010 at 2:08 am

    saya sangat tertarik dengan artikel anda tentang kalium karena bagian dr penelitian saya, tp kalau boleh saya tahu sumber awalnya dari mana, trimaksih

  5. July 23, 2010 at 11:11 am

    sore pak ,

    Jika seseorang terkena osteoporosis,,
    atau masalah ringan nya . sakit di punggung. apakah itu kekurangan kalsium ?
    dan jika minum susu secara berlebihan apakah akan dapat menyembuhkan sakit kekurangan kalsium ??

    terima kasih

    JeBrain

    • August 4, 2010 at 5:52 am

      Dear Jebrain,
      kekurangan kalsium memang dapat menyebabkan nyeri/sakit pada otot tulang. Tapi untuk lebih pastinya memang harus ada pemeriksaan medis untuk mengetahui penyebab sakit di punggung yang dialami. Konsumsi susu secara berlebih bukan solusi yang tepat, karena ternyata kadar protein yang terkandung dalam susu sangat tinggi bisa menghambat penyerapan kalsium,. Kandungan proteinnya yang tinggi akan meningkatkan keasaman (pH) darah. Guna menjaga agar keasaman darah tetap normal, tubuh terpaksa menarik deposit kalsium (yang bersifat basa) dari tulang, sehingga kepadatan tulang berkurang. Karena itu, sekalipun kaya kalsium, makanan hewani harus dikonsumsi secukupnya saja. Jika berlebihan, justru dapat menggerogoti tabungan kalsium dan mempermudah terjadinya keropos tulang. Klinik kami mempunyai paket osteoporosis yang dapat dikonsumsi sebagai solusi pengobatan ramuan akan disesuaikan dengan fisik sehingga ramuan yang kami berikan benar-benar tepat. Oleh karena itu apabila berkenan mau mengkonsumsi, kami memerlukan data lengkap. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi klinik kami
      via Telp. 021 – 4302769,
      021 – 43922332 atau HP: 08881891957
      via e-mail : konsultanherbal@yahoo.com
      YM : konsultanherbal@yahoo.com
      Salam sehat sukses bahagia

  6. September 28, 2011 at 6:25 am

    Teman saya kekurangan kalium, dan jika sedang kambuh maka kaki dia tidak bisa digerakkan sama sekali sama seperti orang lumpuh, dan dia harus rajin memakan pisang agar kaliumnya tetap terjaga.
    Dan yang lebih kasian, dia tidak bisa terlalu capek, misalkan sehabis futsal dan olah raga lainnya maka penyakitnya tersebut akan kambuh.

    • September 29, 2011 at 3:30 am

      Kepada Bapak/Ibu Ayam coet,
      Terima kasih atas emailnya dan Salam kenal dari kami ….
      Pertama-tama kami turut prihatin akan penderitaan temannya.
      Memang kekurangan kalium dapat menyebabkan badan kita lemas , mudah cape bahkan yang eksrimnya anggota
      badan kita sampai tidak dapat digerakkan.
      Klinik kami mempunyai solusi herbalnya untuk keluhan tersebut.
      Untuk informasi lebih lanjut bisa hub klinik kami via :
      telp :021-4302769021-43922332 atau HP :0888-1891957.
      e-mail : konsultanherbal@yahoo.com
      YM : konsultanherbal@yahoo.com
      Salam Sehat Sukses Bahagia

  7. sari
    February 13, 2012 at 6:46 am

    anak saya 4.4th… kalo main terlalu capek ( seperti bola ) malamnya pasti ngeluh kakinya sakit, terutama di bagian betis.. dikakinya juga sering ada bekas benturan ( biru ).. apa itu dikarenakan kekurangan kalsium ?

  8. sari
    February 14, 2012 at 4:11 am

    ibu ning, anak saya laki” 4,4 th.. kalo dia main terlalu capek (seperti main bola ) malemnya pasti dia ngeluh kakinya sakit (kadang sampe nangis).. dan selama ini sering ada bekas benturan dikakinya (biru/ungu betam).. apa itu termasuk kekurangan kalsium bu….? terima kasih atas jawabannya…

  9. jurell
    May 30, 2012 at 2:16 pm

    tante saya, kalo jalan kadang badan nya suka semut”tan gitu lalu bagian betis persis dilututnya suka sakit kalo jalan dan semutan..pusing dan mual juga, apakah ini yang disebut kekurngan kalsium juga ? 52 tahn umur tante saya

    • June 4, 2012 at 7:31 am

      Kepada Jurel
      Benar,tanda-tanda yang di sebutkan itu kekurangan kalsium.Kami ada paket herbalx berupa kapsul dan teh ostea untuk tulang.
      Untuk informasi lebih lanjut hub klinik kami :
      Telp.021-4302769/021-43922332
      Hp.0888 189 1957
      salam Sehat Bahagia

  10. tika
    June 5, 2012 at 11:50 am

    pa benar orang yang kekurangan kalium dan kalsium akan sellalu menurunkankan berat badannya setiap hari sehingga badannya menjadi kurus????
    dan bagaimana cara mengatasinya supaya berat badannya naik lagi??

    • June 14, 2012 at 7:37 am

      Selamat siang
      Dear Tika
      Tidak benar karena kekurangan kalium membuat orang lemas dan tidak menurunkan berat badan dan kekurangan kalsium membuat tulang ngilu dan nyeri dan cenderung dapat terjadi osteoporosis perbanyak makan pisang.Untuk menaikan berat badan kami ada herbalnya.
      Untuk konsultasi lebih lanjut hub klinik kami:
      Telp.0214302769/02143922332
      Hp.0888 189 1957
      Salam Sehat Bahagia

  11. September 1, 2012 at 10:07 am

    selamat sore ,telah menderita kekurangan kalium semenjak kelas 3 sma ,selama 4 tahun penyakit saya tidak pernah kambuh yang saya rasakan terkadang hanya pegal2 jika beraktivitas berlebih.yang saya tanyakan bagaimana mencegah kekurangan kalium dalam diri saya agar tidak semakin parah?karena yang saya tau penyakit kekurangan kalium tidak akan pernah bisa sembuh total. mohon bantuanya dengan sangat. Terimakasih

    • September 14, 2012 at 4:43 am

      Selamat siang
      Kami turut prihatin dengan kondisi kesehatan anda.Untuk penderita kekurangan kalium kami ada paket herbalnya yang terdiri dari 5 macam kapsul dan teh herbal.Untuk pencegahannya perbanyak makan buah pisang.
      Untuk konsultasi lebih lanjut hub klinik kami:
      Jl.Cemara angin blok AA 37 komplek Nyiur melambai 2 plumpang jakarta Utara
      Telp.021-4302769/021-43922332
      Hp.0888 189 1957
      Salam Sehat Bahagia

  12. Reza Kumala
    October 9, 2012 at 3:00 am

    selamat pagi…
    saya reza , wanita berumur 21 tahun. saya sejak kecil umur 2 tahun menderita osteoporosis begitu kata dokter. tulang saya terutama bagian tangan dan kaki sering sekali mengalami patah tulang . waktu kecil bahkan saya mengalami patah tulang 3 kali dalam setahun. tulang kaki dan tangan saya bisa patah hanya karena kena benturan atau terjatuh .
    tetapi setelah saya manginjak umur 17 tahun saya sudah jarang mengalami patah tulang. dari 4 tahun terakhir saya mengalami patah tulang sebanyak 2 kali.
    dan sampai saat ini saya memakai tongkat . saya belum bisa berjalan sendiri , karena kaki saya merasa ngilu .
    saya mohon masukan untuk saya bagaimana pengobatan yg bisa saya lakukan untuk penyakit saya ini .

    • October 15, 2012 at 3:07 am

      selamat pagi
      kepada reza kumala
      Kami turut prihatin dengan kondisi kesehatan anda,untuk keluhan anda kami ada obatnya berupa kapsul sidaguri,dan Mahkotadewa dan ada teh herbalnya berupa teh Ostea,teh sirsakti untuk osteoporosis.Ada obat luar berupa rendaman garam herbal.
      Untuk konsultasi lebih lanjut hub klinik kami
      Jl.Cemara Angin blok AA no 37 komplek Nyiur Melambai 2 Plumpang Jakarta utara
      Telp.021-4302769/021-43922332
      Hp.0888 189 1957
      Salam Sehat Bahagia

  13. January 15, 2014 at 2:41 pm

    begini buk,,saya punya saudara yang mengalami kelumpuhan akibat kekurangan kalsium(doktr memfnis tidak bisa lagi diobati)apakah ada terapi yang bisa dilakukan????

    • January 22, 2014 at 3:24 am

      selamat pagi,
      kepada lidiawati
      kami turut prihatin dengan kondisi saudara anda,untuk keluhan saudara anda kami ada herbalnya berupa kapsul dan teh herbal.Di klinik kami juga ada therapy dan akupuntur tusuk jarum.Sebaiknya di lakukan therapy di klinik kami .
      Alamat klinik herbal Ny Ning Harmanto ;
      Jl.Cemara angin blok AA 37 komplek Nyiur melambai II Plumpang Jakarta utara
      Untuk konsultasi lebih lanjut hub klinik kami:
      Telp.021-4302769/021-43922332
      Hp.0888 189 1957
      Pin BB 25EF59F1

  14. mas darman
    February 1, 2014 at 11:38 am

    selamat malam bu ning,
    sy mengidap penyakit syndrom nefrotik atau ginjal bocor sejak april 2013 dan sdh berobat ke bbrp rs di kota batam,namun hasilnya ginjal saya tetap belum terobati,,mohpn saran dan bantuan ibu untuk sakit sy ini,,terkadang sudah lelah berobat kemana mana tp belum ada hasilnya,,terimakasih.

    • February 6, 2014 at 4:30 am

      selamat pagi,
      kepada mas darman
      kami turut prihatin dengan kondisi kesehatan anda,untuk keluhan anda kami ada paket herbalnya berupa kapsul dan teh herbal suqun dan teh sirsakti.
      Untuk konsultasi lebih lanjut hub klinik kami:
      Telp.021-4302769/021-43922332
      Hp.0888 189 1957
      Pin BB 25EF59F

  15. April 23, 2014 at 3:55 am

    Pagi dok..ak ibu sri,dah 4 hari ini kena gejala kakurangan Kalium!7 bln lalu aku mask RS krna lumpuh,dan setelah di cek drah,ternyta kaliumku hnya 1,8,dan setelah 6 bln ak sembuh total.tampa keluhan,tp 2 minggu lalu ak mnum obat diet,eh skrg aku lemes,sembelit,mual,keringatan,apakah klw ak komsumsi makanan berkalium tinggi sprti pisang,kacang mede,kelapa ijo,madu dll..kesehatan aku akan kembali pulih lagi,atau aku hrus konsultasi ama dokter lagi,mohon infox dok..thanks

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 34 other followers

%d bloggers like this: