Home > Aneka Berita > You are very nice, buy lah

You are very nice, buy lah

Dear All,
Salam funtastic,

Memasuki tahun 2008  ini  selain nama saya berubah jadi Aning, sayapun mencoba merubah kemampuan diri  dengan terus berlatih  menulis dan berbicara bahasa Inggris. Terima kasih untuk temen-temen yang telah berkenan chating YM dalam bahasa Inggris. Meski kadang2 kalau ada hal yang penting lalu bingung menggunakan atau memilih kata yang tepat maka chatingan saya bahasanya gado2,Indonesia campur Jowo he he he. Yang pasti ‘niat ingsun’ saya mau berubah menjadi baik terutama dalam mengolah kata Inggris.

Nah ada kejadian menarik  yang terjadi kemarin sore (Jumat 11 Januari 2008) saat saya mengantar tamu dari Malaysia ibu Nur ke MAL UKM,Tanah Abang,Jakpus. Perlu saya  informasikan bahwa  tamu  saya  ibu Nur nama lengkapnya Hajah  Nuaraida, sejak  kemarin  menginap di rumah saya. Kami berkenalan sejak tahun lalu bulan Oktober, dia sudah mencoba sebagian ramuan saya  dan sangat cocok lalu  bersepakat menjadi agen tunggal produk Mahkotadewa di Malaysia…alhamdul ilah…..

Kejadian menarik yang saya alami kemarin begini kronologisnya:
Setelah saya berbincang dengan bapak Panjaitan pengelola gedung UKM Mal bersama ibu Hajah Nuraida untuk membawa rombongan pengusaha Malaysia datang ke Indonesia, saya mengikuti rapat bersama pengusaha Mal UKM.
Belum selesai rapat dilaksanakan masuklah seorang ibu  dari Dinas  UKM DKI. Dengan  tergopoh gopoh dia meminta salah satu pengusaha untuk membantu menjadi penterjemah karena ada tamu dari Nigeria yang tisak bisa berbahasa Indonesia tentunya. Lalu berdirilah seorang ibu  yang  konon  ceriteranya  faseh berbahasa Inggris, pernah punya suami orang asing  dan diapun pernah tinggal di luar negeri.  Dalam hati  saya  bilang,  wah  coba  saya  bisa  jadi penterjemah. ..ceile.. .narsis  nggak ya. Tapi saya  cuma bilang dalam hati lho…

Setelah rapat di lt 2 selesai, saya turun ke lantai dasar dan terlihat dua orang ibu tinggi besar hitam besaral dari Nigeria masih memilih-milih produk yang mau dibeli namun sayang penjaga tokonya tak mampu berbahasa Inggris.Saya amati dari jauh dan salah satu temen saya bilang begini: Orang Nigeria itu tadi marah dan tersinggung waktu didampingi penterjemah yang faseh berbahasa Inggris, rupanya ada ungkapan yang tidak menyenangkan sehingga semula mau beli dagangannya akhirnya tak jadi beli. Kebetulan temen saya itu jualan mukena dan tiba2 dia meminta saya menjadi penterjemah. …”Bantuin  dong bu Ning ngomongnya , kalau bu Ning yang ngomong  mungkin dia  mau beli dan nggak marah lagi.  He he he  kesempatan nih….latihan .  Dengan hati riang gembira  saya melangkah mendekati orang Nigeria dan tersungging senyum manis saya  menyapanya lalu sok akrab saya pegang baju putih ukuran besar dan berkata:
Hello madam, It is very nice for you, buy lah. Lalu dia bilang: I want to buy very expensive.. Lalu temen saya bilang iya bu Ning saya bingung ngomongnya.. . saya maunya baju saya dibeli Rp.350.000,- bukan Rp.150.000.

Akhirnya dengan segenap kemampuan saya mencoba menjadi penterjemah  kesepakatan jual beli dan “deal”nya Rp.305.000. he he temen saya melepasnya dengan harga yang unik. Setelah selesai transaksi dari  pedagang mukena  dan baju muslim, orang Nigeria itu nanya dagangan saya apa dan dimana ….nah ada kesempatan jualan juga nih, setelah jadi penterjemah. Posisi outlet saya di Mal UKM ini ada di lantai 2, sedangkan tamu ini di lantai dasar dan malas di suruh naik tapi nampak tertarik dengan produk saya setelah saya kasih brosur dan buku bahasa Inggris karangan saya……mau dapat ikan mesti ada pancingnya.
Selain itu saya berjanji siap menolong dia cari taksi, dia bilang sopir  taksi tak bisa ngomong bahasa Inggris, “dont worry I can help you”…..pokoknya Mis s Aning selalu siap melayani

Sayapun cari  akal untuk memamerkan produk saya lalu saya telpon staf untuk membawakan contoh produk ke lantai dasar. Sambil menunggu staf saya turun saya terus membantu dia tawar menawar produk yang lain milik temen2 UKM, maklum mereka tak berani dan tak bisa ngomong bahasa Inggris. Nggak seperti bu Aning, biar bahasa Inggris pas pasan tapi nekad saja ngomong cas cis cus.
Saat orang Nigeria menawar tapi  ragu untuk membeli saya coba membujuknya  dengan  memuji   dia beautiful, pretty dan pujian maut lainnya serta tak ketinggalan bercanda ria he he walau pujian sering kurang sesuai kenyataan he he he pokoknya memuji saja biar dia mau beli …..hi hi alhamdulilah dia benar2 mau beli semua produk yang saya tawarkan termasuk produk teh saya “Mashiwa”, yang akan membuat dia langsing dan awet muda seperti saya he he. Dia berjanji juga untuk membaca buku karangan saya dan kontak lewat email.

Nah itu sekelumit ceritera pagi dari Oma Aning, semoga  kejadian kemarin bisa jadi masukan bagaimana upaya kita membujuk orang asing yang semula tidak mau beli jadi beli. Semula mau beli sedikit jadi banyak. Hari ini jadwal saya akan berunding menbincangkan kerjasama business dengan ibu Noraida dari Malaysia. Car lancar lancar rejeki lancar mur makmur makmur…..salam dan doa sehat sukses bahagia.

Aning Harmanto.

Categories: Aneka Berita
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

