Home > Informasi Kesehatan > Asam Urat dan Rematik

Asam Urat dan Rematik

Penyakit Asratik paling mudah bisa diatasi dengan ramuan Mahkota Dewa yang terdiri dari Kapsul Asratik dan Teh Celup Mashiwa/ teh Wedang-weding,Untuk berkonsultasi lebih lanjut bisa menghubungi klinik Online www.ningharmanto.com atau telp.021-4302769 atau 08161991957.

atau dapat juga Klik saja menu di atas halaman ini, yang judulnya konsultasi online, nanti di situ anda akan di minta mengisi biodata anda berserta semua keluhannya.

Asam urat dan Rematik

Asam urat sebenarnya adalah suatu kristal berwarna putih dengan rumus kimia C3H2N403. Kristal ini membentuk di dalam tubuh sebagai hasil metabolisme protein. Sementara itu ,meningkatnya konsentrasi asam urat ( hiperurisemia ) yang disebabkan oleh kegagalan metabolisme disebut dengan gout. Namun , masyarakat pada umumnya menyebut sebagai penyakit asam urat.

Makanan yang mengandung purin tinggi , seperti jeroan serta beberapa tipe protein dan minuman beralkohol dapat merangsang terjadinya serangan gout , tetapi bukan penyebab dari gout .Gout bisa bersifat primer , yaitu pembentukan asam urat yang berlebihan atau akibat penurunan sekresi asam urat secara langsung. Bisa pula bersifat sekunder ,yaitu pembentukan asam urat yang berlebihan atau eksresi asam urat yang berkurang akibat proses penyakit lain atau pemakaian obat-obatan tertentu.

Jika berbentuk kristal-kristal dari monosodium asam urat monohidrat pada sendi-sendi dan jaringan sekitarnya,akan terjadi peradangan dengan rasa nyeri pada persendian .Sering kali pada pergelangan kaki,kadang-kadang pada sendi ,tangan,lutut,dan pundak,atau jari-jari tangan.

Faktor-faktor yang berperan dalam perkembangan gout adalah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya hiperurisemia.

1. Makanan yang tinggi purin dapat memicu terjadinya serangan gout pada orang yang memiliki kelainan bawaan dalam metabolisme purin,sehingga terjadi peningkatan produksi asam urat.Meskipun demikian, makan rendah purin tidak serta merta menurunkan asam urat serum pada setiap keadaan.

2. Minuman beralkohol dapat pula memacu serangan gout,karena alkohol meningkatkan produksi asam urat .Kadar laktat darah meningkat sebagai akibat sampingan dari metabolisme normal alkohol. Asam laktat menghambat eksresi asam urat oleh ginjal sehingga terjadi peningkatan dalam serum.

3. Obat-obatan tertentu bisa menghambat ekskresi asam urat oleh ginjal,sehingga menyebabkan serangan gout. Obat-obatan ini antara lain aspirin dosis rendah,diuretik,levodopa,diazoksid,asam nikotinat,asetazolamid dan etambutol.

Info artikel ini diambil dari buku Indahnya HIDUP SEHAT ( Aneka Terapi untuk Mencegah & Mengatasi Penyakit ) karya Ning Harmanto, dicetak oleh PT Agro Media Pustaka.

Categories: Informasi Kesehatan
  1. sujarwo
    August 28, 2008 at 1:45 pm

    Saya sering merasa sakit samping pinggang saya kalau dipijit sakit seperti bekas tonjokan apakah ini yang dinama
    kan asam urat mohon bantuan

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: