Home > Aneka Berita, Tips > Indahnya HIDUP SEHAT

Indahnya HIDUP SEHAT

Buah dan Sayur 60%, Lainnya 40%

Di Klinik Herbal Ny.Ning Harmanto selalu dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran lebih banyak dibandingkan dengan dan lauk pauk. Jika memungkinkan ,makan buah dan sayur 60% dan yang lainnya 40%.Dari data yang ada memang benar kesembuhan pasien sangat dipengaruhi oleh pola makannya. Contohnya , Ny.Hana dari bekasi yang menderita kanker payudara ganas sehingga pecah tiga kali, bisa sembuh secara medis dalam waktu 6 bulan karena selain minum paket kanker dari klinik Mahkotadewa, dia juga minum jus wortel dan apel malang sebanyak 1kg setiap hari selama tiga bulan penuh. Sayur jika dibuat jus akan mudah diserap oleh usus kita dan bisa membantu proses pencernaan. Usus hati , dan pancreas tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menghasilkan zat-zat gisi yang penting bagi tubuh. Jus buah dan sayur juga bisa berfungsi sebagai antibiotik melawan infeksi ,mengurangi rasa sakit ,dan mengatasi kerusakan sel.

Gladys Block,Ph.D, seorang peneliti kanker di Universitas California,Berkley, AS menyimpulkan bahwa mengkonsumsi sayuran hijau secara teratur dapat menyusutkan terjadinya resiko menderita penyakit kanker hingga separuhnya. Sayuran berwarna hijau tua lebih banyak mengandung klorofil A dibandingkan dengan sayuran yang berwarna hijau muda. Sebaliknya, sayuran yang berwarna hijau muda lebih banyak mengandung klorofil B dibandingkan dengan sayuran berwarna hijau tua. Dalam kloroplas juga terdapat pigmen lain, yaitu karoten. Semakin hijau warna daun, kandungan karotennya akan semakin tinggi. Selain itu menurut penelitian Dr.Jo Ann Manson dari Harvard Medical School,sayuran berwarna hijau dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular,seperti stroke, jantung koroner dan hipertensi.

Keunggulan sayuran hijau telah dibuktikan oleh banyak peneliti. Kandungan karotenoid yang ada dalam sayuran bukan karotenoid tunggal,tetapi merupakan kumpulan dari beberapa karotenoid aktif, khususnya betakaroten, alfakaroten,dan lutein,sehingga tidak mengherankan jika kemampuannya dalam menghabisi sel kanker berlipat ganda. Pasukan senyawa musuh kanker ini juga didukung klorofil. Karenanya , beberapa daun yang berkhasiat sebagai obat kanker seperti daun dewa ,daun pegagan, sambung nyawa, dan daun sendok juga baik jika dicampurkan dengan masakan,terutama sayur, yakni sayur lodeh ,sayur bening, sup trancam, atau pepes ( baca buku Menu Aman & Sehat bagi penderita kanker,Jakarta, AgroMedia :2005.

Info artikel ini diambil dari buku Indahnya HIDUP SEHAT ( Aneka Terapi untuk mencegah & Mengatasi Penyakit ) karya Ning Harmanto, dicetak oleh PT AgroMedia Pustaka.

Categories: Aneka Berita, Tips
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: