Thyroid

Thyroid

Thyroid disebabkan oleh kerja kelenjar Thyroid yang tidak normal. Kelenjar Thyroid sendiri adalah kelenjar di dalam tubuh kita yang memproduksi hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Apabila kelenjar tersebut memproduksi hormon metabolisme dalam jumlah yang tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh kita, maka gejala ini disebut dengan Thyroid (dalam bahasa awam disebut “gondok”). Masalah kelenjar thyroid sangat sering menyerang wanita ketimbang pria. Karena produksi hormonal wanita jauh lebih kompleks dibandingkan dengan produksi hormon pria. Namun sebagai pria, kita tidak boleh gegabah, karena ada beberapa kasus thyroid ternyata juga ditemukan dan diderita oleh kaum pria.

Secara umum kanker Thyroid dibagi menjadi dua, yaitu: Hyper Thyroid dan Hypo Thyroid. Dikatakan Hyper Thyroid apabila kelenjar thyroid memproduksi hormon secara belebihan. Dalam kasus hyper thyroid, hormon yang dihasilkan oleh kelenjar thyroid sangat melebihi dari kapasitas metabolisme tubuh kita sehingga semua makanan yang kita makan langsung tercerna dengan sangat cepat sehingga makanan tidak sempat terserap oleh tubuh. Gejalanya adalah:
* Tangan gemetaran
* Badan sangat mudah merasa lemas
* Mual
* Bagian lutut sangat berat untuk menopang badan
* Keringat yang berlebihan
* Napsu makan sangat melebihi normal (selalu merasa lapar)
* Berat badan turun drastis
* Diare yang berkepanjangan
* Nilai SGPT dan SGOT tinggi meskipun tidak setinggi nilai penderita lever
* Nilai T3,T4 / FT3, FT4, TSH tidak normal
* alam kasus thyroid yang sudah akut, bola mata keluar dari kelopaknya (seperti ikan mas koki) karena mendapatkan tekanan yang hebat dari pembengkakan kelenjar thyroid

Kebalikan halnya dengan hypo thyroid. Dalam kasus hypo thyroid, kelenjar thyroid memproduksi hormon sangat sedikit dari yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh kita sehingga makanan yang kita makan sangat lambat diproses oleh tubuh. Gejalanya mirip dengan hyper thyroid kecuali:
* Berat badan meningkat
* Susah merasa lapar

Dua jenis thryroid telah diuraikan secara singkat diatas, selanjutnya thyroid juga bisa dibedakan dari jenis pembengkakan fisik yang terjadi di tubuh kita. Ada dua jenis pembengkakan kelenjar thyroid, yaitu: ke dalam dan keluar. Bila kelenjar thyroid membengkak ke dalam (ke arah tenggorokan kita), dia akan menekan saluran pernafasan kita sehingga kita akan merasa sesak nafas yang secara berkepanjangan akan semakin parah. Dengan ditambah dengan kondisi badan yang sangat lemas, ada beberapa kasus thyroid yang meninggal tidak tertolong karena kehabisan nafas, Sangat tragis.

Sementara pembengkakan keluar, sangat terlihat jelas di daerah leher bagian samping dan depan terlihat menonjol dan bengkak. Dalam kasus pembengkakan keluarpun, sesak nafas juga terjadi dan sering tersengal-sengal.
Pantangan penderita thyroid salah satunya adalah makanan yang mengandung hormon dalam jumlah besar.
Info artikel ini diambil dari buku Mahkota Dewa Panglima Penakluk Kanker, karya Ning Harmanto, dicetak oleh Agromedia Pustaka

Categories: Informasi Kesehatan
  1. evie maizir
    December 27, 2015 at 1:21 am

    Bgm cara sy bisa mendapat kan info lebih lanjut mahkota dewa,ibu ning,sy pwndeeita hypothyroidism Dan ingin mengkonsumsi mahkota dewa ibu ning
    + (Evie)

    • December 27, 2015 at 8:05 am

      Selamat siang
      kepada evie maizir
      Kami turut prihatin dengan kondisi kesehatan anda,untuk keluhan anda kami ada herbalnya dan din klinik kami ada akupuntur tusuk jarum dan bekam.
      Untuk konsultasi bisa hubungi klinik Herbal Ny Ning Harmanto
      Jl.Cemara Angin blok AA 37 komplek nyiur melambai II Plumpang Jakarta Utara
      Telp.021-4302769/021-43922332
      Hp.0888 189 1957 / 0857 7791 7588
      WA.0822 4292 5758
      Salam Sehat Bahagia

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: