Home > Chickensoup > Membangkitkan semangat entrepreneur wanita petani.

Membangkitkan semangat entrepreneur wanita petani.

“Saya nggak mau jualan kok bu, cuma mau menolong aja”. Itu ungkapan seorang ibu petani sederhana  dari Ende Flores ketika saya harus  presentasi membangun jiwa kewirausahaan dikalangan petani, di Hotel Pelangi Malang,Jatim tgl 6 September 2008. Saya amat bersyukur dipercaya Deptan untuk menularkan semangat entrepreneur di kalangan petani terutama kaum ibunya. Maka dengan penuh semangat dan mengerahkan segenap kemampuan, daya dan upaya mencoba meyakinkan para ibu agar selain bertani di sawah juga mau jadi entrepreneur. Namun ternyata tak mudah meyakinkan mereka.

Saya agak terkejut ketika sudah 30 menit saya presntasi entrepreneur lalu bertanya kepada salah satu peserta yang mempunyai tanaman ‘ashitaba’ cukup banyak dikebunnya tapi tak pernah dijual. Daun Ashitaba  digunakan  sebagai bahan  baku produk herbal .

“Dijual apa nggak bu daun ashitabanya?”

“Enggak…saya sih nggak mau jualan tapi kalau saya tahu ada khasiatnya   mungkin bisa bantuin tetangga dan saudara”.

Secara spontan saya langsung mengatakan:”nah, bagus sekali niatan ibu ….ibu nggak pingin jualan tapi kepingin menolong. Pilih mana bu sekarang, bisa menolong sedikit orang atau menolong banyak orang?”

“Ya menolong banyak oranglah katanya spontan”.

“Nah untuk bisa menolong banyak orang tentunya kita harus memiliki modal yang banyak, caranya dengan berjualan. Kalau yang kita miliki terbatas tentunya mau memberi kepada orang lain ya terbatas.”

“Nah sekarang saya tanya lagi misalnya saya mau beli produknya  ibu, mau jual apa nggak?

“Mau Mau…”. katanya mantap.

Syukur banget, dengan gaya dan cara saya meyakinkan peserta penuh canda dan tawa,mereka sangat antusias mengikuti pelatihan dari jam 8.00 pagi sampai berakhir jam13.00  dan kalau ada yang ngantuk malah saya ajak bercanda ria. Selesai acara semua minta foto bersama. Semoga semangat mereka berwiraswasta terus  dikembangkan. Salam dan doa sehat sukses bahagia.

Categories: Chickensoup
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

