Home > Kegiatan > Mengikuti pasar lelang DKI Jakarta

Mengikuti pasar lelang DKI Jakarta

Dear All,

Hari Selasa 25 November 2008 dari jam 10.00 sd jam 15.00 saya mendapatkan
pengalaman menarik,unik, seru dan lain dari yang lain dibidang bisnis
yakni mengikuti pasar Lelang Agrobisnis Pemda DKI Jakarta di gedung
Serba Guna Dinas Perindustrian dan Perdagangan DKI, yang biasanya
diadakan setahun 2 atau tiga kali.Dikasih makan dan minum gratis terus
pulangnya masih dapat amplop lagi..hihihi asyik ya.

Yang menghadiri acara tersebut adalah perwakilan para petani seluruh
Indonesia, para pedagang Pasar Induk Kramat Jati, Tangerang dan
Asosiasi Pedagang Pasar Tradisional, Perwakilan dari Swalayan
Hero/Giant Hyper market, Alfamart dan juga Bank DKI serta para pejabat
eselon seluruh Indonesia. Jumlahnya kurang lebih ada 200an peserta.
Lain kali temen2 TDA ikutan ya.

Acaranya demikian seru dan menarik karena langsung terjadi tawar
menawar dan pembelian saat itu juga didepan umum.Maka para penjual
harus membawa contoh dagangannya/ produknya. Untung saya bawa setoples
Birpletok sebagai contoh dan perkenalan. Peserta yang lain ada yang
bawa cabe,tomat,kentang, salak,jeruk, beras dan lain sebagainya.

Tehnis pelaksanaan mengikuti pasar lelang kita harus mengisi
formulir sebagai penjual atau pembeli atau dua-duanya juga boleh.Kalau
mau menawarkan produk kita mendaftar dulu kepanitia dan dapat nomor
uurut. Kalau bisa langsung ‘deal’ semua peserta bertepuk tangan dan
bersorak sorai….seru dan ramai. Mula-mula saya bingung
mau jadi pembeli seperti di Matrade atau mau jadi penjual. Namun saya
coba mengamati dulu situasi pasar lelang ini. Kebetulan saya langsung
dikenali oleh pembawa acaranya dan ditanya langsung…. “Bu Ning butuh
apa?”….Ehm saya langsung nyeplos….saja “Butuh jahe merah”…
Selesai menjawab pertanyaan itu saya langsung diperkenalkan sebagai
bosnya Mahkotadewa Indonesia… lalu dibumbui macem2…yang baik2 dan
langsung saja saya dikerubuti para petani berbagai daerah menawarkan
jahe merah dan aneka simplisia herbal. Akhirnya saya mendapat harga
bagus dari petani Bengkulu 1kg jahe yang bersih bebas dari tanah
harganya Rp.5.000,- perkg.

Selain jahe merah saya juga mendapatkan suplaier beras organik yang
sudah bersertifikat resmi. Saat ini pengembangan bisnis beras organik
saya mengalami happy problem karena permintaan semakin melonjak
tinggi…stok gudang selalu habis dan habis laris manis..syukur
alhamdulilah. Setelah deal dengan beberapa petani bertindak jadi
pembeli, maka sebagai produsen produk bahan jadi sayapun mencari
peluang menjadi penjual. Karena yang saya bawa Minuman instant
Birpletok maka sayapun menawarkan produk ini dengan pendekatan
personal..ternyata langsung ada yang memborong… alhamdulilah.

Dalam acara tersebut saya juga mengadakan pendekatan dengan berbagai
pihak swalayan untuk menjual produk sendiri dan produk temen2 AKTO
(Asosiasi Kelompok Tani Olahan DKI).

Wah sebenarnya masih banyak yang akan saya ceriterakan tapi takut
kepanjangan. …ya. Nah selesai mengikuti acara pasar lelang, saya
bertemu mas Wasis founder milist Jalan Sutra di restoran Eat and Eat
Kelapa Gading Mall yang sangat laris dan unik penampilannya restonya.
Menurut informasi omzet perhari resto Eat and Eat minimal Rp.150
juta…..wow funtastic.

Dari mas Wasis saya mendapat banyak informasi pengembangan usaha dan
juga peluang usaha menjalin kerjasama dengan temen2 TDA. Saya akan
ceriterakan aneka peluang ini di pertemuan Mastermind Jakut tgl 29
November 2008 aja ya…. Salam sehat sukses bahagia.

Aning Harmanto
08159002060.
http://www.mahkotadewa. com
http://www.ningharmanto. com

Inilah produk aneka Olahan pertanian yang

Categories: Kegiatan
  1. adhi
    January 24, 2009 at 1:58 am

    Kalo ga salah….ibu Ning juga pernah ada di pasar lelang waktu acara PENAS di Paembang kan ?..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

